Serunya Family Gathering Di Jambuluwuk Resort Batu

Jambuluwuk Resort Batu atau Jambuluwuk Convention Hall & Resort Batu menjadi tempat tujuan family gathering tahun ini. Resort yang berlokasi di puncak kota Batu ini memiliki tempat luas, fasilitas lengkap serta makanan yang memanjakan lidah.

Sebelumnya kami bahkan tidak bermimpi untuk bisa menginap di resort Bintang 5 ini. Pernah dulu ketika wabah corona menyerang, di tahun 2020 kami hendak menginap disini untuk sekedar staycation. Tetapi akhirnya gak jadi karena di luar budget.

Hari itu, sepulang ngantor Pak Su nyeletuk “kayaknya bakalan ada famgath dalam waktu dekat”. Meskipun belum jelas kapan dan dimana, aku senang bukan main.Anak-anak pun ikut senang. Mereka kita sounding dari awal agar mudah diajak kerjasama saat keberangkatan.

Tak lama kemudian, keluar surat resmi dari instansi mengenai tempat dan tanggal kegiatan. Jambuluwuk Resort Batu!

Bagaimana keseruan kami mengikuti kegiatan Family Gathering di Jambuluwuk Resort Batu? Baca sampai selesai yah!

Lokasi Jambuluwuk Resort Batu

Jambuluwuk Resort Batu terletak di perbatasan Kota Batu dan Pujon. Kamu akan melewatinya jika hendak pergi ke Kediri dari Kota Batu ataupun sebaliknya.

Berdiri di ketinggian diatas 1000 mdpl dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau subur, resor ini menyajikan pemandangan alam yang menyegarkan mata. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat.

Karena berada di atas lereng gunung, kamu bisa melihat pemandangan yang menakjubkan. Saat malam mulai gelap, gemerlap lampu Kota Batu mulai tampak. Bahkan di siang hari kami melihat paralayang saat kami sedang berenang di infinity pool yang terletak di belakang The Clubhouse Restaurant & Lounge Jambuluwuk Resort Batu

Villa Jambuluwuk Resort Batu

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan nama Jambuluwuk. Hotel dan resort Jambuluwuk tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Seminyak Bali, Jogja, Puncak Bogor dan Jakarta.

Semua hotel dan resortnya Jambuluwuk sangat menonjolkan budaya Indonesia, termasuk di Jambuluwuk Resort Batu ini.

Berbeda dengan hotel pada umumnya yang berupa bangunan megah, Jambuluwuk Resort Batu berupa cottage atau villa yang terdiri dari 2, 3, 4 kamar. Uniknya setiap villa memiliki nama nama daerah di Indonesia. Baik design luar maupun interior di dalam villa tersebut sangat mewakili nama villa tersebut.

Villa villa tersebut tersebar membentuk terasering. Jika dilihat dari udara pasti sangat bagus, sayangnya aku tidak memiliki drone untuk bisa memotret dari atas.

Kebetulan kami dapat villa paling atas dengan tiga kamar di dalamnya. Selain kamar, ada ruang keluarga lengkap dengan televisi kabel serta dapur.

Semua villa memiliki fasilitas yang sama yakni:

• Terdiri dari 3 dan atau 4 kamar
  • Setiap kamar berukuran 4 m2 dengan satu kasur berukuran King Size atau 2 single
  • Setiap kamar sudah ada kamar mandi dengan shower, dengan complementary yang lengkap.
  • Perlengkapan di dapurnya juga sangat lengkap ada kompor, alat masak, dispenser yang airnya bisa diisi ulang, kulkas mini, sama complementary minuman yang lengkap.

Fasilitas Jambuluwuk Resort Batu

Sebagai resor bintang 5, Jambuluwuk memiliki fasilitas yang lengkap dan cocok untuk kegiatan dengan orang banyak seperti gathering perusahaan ataupun mengadakan acara seperti pernikahan.

Kolam renang

Ada yang lucu ketika kami berenang di sore hari. Ceritanya aku memberitahukan salah satu teman Pak Su kalau kita sedang berenang. Harapannya biar anak-anak bisa main bareng di kolam.

Mereka jawab kalau mereka juga lagi berenang di kolam renang. Sedang kolam tempat kami berenang sangat sepi kala itu. Rupanya kita berenang di kolam yang berbeda.

Saking luasnya area villa Jambuluwuk ini sampai punya 2 kolam renang di area yang berjauhan.

Karena kami menghuni villa di paling atas jadinya kolam paling dekat dengan kami adalah infinity pool yang berada di belakang The Clubhouse Restaurant & Lounge. Sedangkan bagi teman-teman yang menghuni villa di area bawah mereka berenang di kolam renang di dekat lapangan atau playground.

Convention Hall

Lokasi convention hall ada di villa minang. Sebuah bangunan paling besar dengan atap rumah minang yang gagah. Di dalamnya terdapat beberapa ruang rapat dengan lantai utamanya Sumatera Grand Ballroom yang bisa menampung sampai 300 orang.

Kami menggunakan ruangan ini ketika makan malam sekaligus acara inti yakni perkenalan atar keluarga.

The Clubhouse Restaurant & Lounge

Resto tempat kami sarapan. Sarapan mulai buka pukul 6 pagi, tetapi beberapa tenant yang membutuhkan pelayan seperti omelet dan spaghettinya belum buka.

Makanan yang disajikan sangat lengkap selayaknya hotel bintang 5. Mulai dari aneka pancake, sereal, aneka minuman, roti, bubur ayam, soto, rawon, nasi goreng dengan lauk yang sangat lengkap, bubur madura, sampai gorengan.

Flying Fox

Sayangnya kami tidak mencobanya, padahal jalurnya lumayan tinggi dan jauh. Menara start nya  terletak di samping The Clubhouse dan mendarat di lapangan yang ada playgroundnya. Jika ingin mencoba wahana ini kita dikenakan biaya tambahan di luar biaya kamar ya!

Area pancing

Aku kaget sesampainya di villa sebelum chekout, ada sekantong kresek ikan yang masih hidup. Rupanya anak penghuni kamar sebelah memancing ikan disaat kita seru seruan bermain game bersama di lapangan.

Masih banyak fasilitas lain yang mungkin tidak bisa aku sebutkan karena keterbatasan waktu di sana sehingga aku tidak bisa eksplore lebih jauh lagi. Meskipun jauh, kamu tidak usah khawatir karena bisa menghubungi pihak lobby untuk bisa diantar oleh shuttle bus.

Pengalaman Famgath di Jambuluwuk Resort Batu

Famgath kali ini instansi tempat Pak Su bekerja benar-benar memanjakan karyawannya dengan waktu bebas selama dua hari. Acaranya sangat santai dan tidak ada sisipan rapat kerja. Benar-benar hanya untuk mempererat kekeluargaan di departemennya.

Acara utamanya hanya ada dua yakni perkenalan keluarga sekaligus makan malam dan keesokannya ada games seru setelah sarapan.

Kami sampai di lokasi sekitar pukul tiga sore, setelah mendapatkn kunci kami langsung di antar ke villa tempat kami menginap menggunakan shuttle bus yang sudah tersedia di depan lobi.

Karena sudah memasuki adzan ashar, kita pun langsung sembahyang dan bersiap untuk berenang.

Berenang ini adalah agenda utama kami bersama anak-anak. Saking gak sabarnya kita langsung turun menuju kolam renang jalan kaki. Untungnya tidak terlalu jauh.

Kita bermain bersama di kolam anak yang tingginya 75 cm karena kolam dewasanya memiliki ketinggian 150 cm.  Setelah puas main di kolam, kita bersiap untuk makan malam.

Makan malam dilaksanakan di area Sumatera Ballroom. Suhu Kota Batu semakin dingin namun di dalam ballroom semakin hangat. Acara di akhiri dengan mengenang beberapa keluarga satu departemen yang sudah berpulang.

Keesokan harinya, setelah sarapan dengan berbagai hidangan lezat, kami langsung bermain games bersama di lapangan. Tabur tawa kami meramaikan resort yang luas dan sejuk ini.

Overall, Jambuluwuk sangat cocok untuk agenda besar seperti gathering ini. Hanya saja untuk pengalaman family gathering dengan banyak anak kecil Klub Bunga Butik Resort masih yang terbaik karena ada waterpark dan sport center yang lengkap.