Pink Muhly Di Korea Selatan; Kapan dan Dimana?

Pink Muhly, atau disebut juga pink grass adalah sejenis rumput yang marak tumbuh di Korea Selatan di pada musim gugur. 

Beruntung sekali kami sekeluarga sempat mengabadikan momen bersama Pink Muhly di salah satu tempat bersejarah di Korea Selatan yaitu Cheomseongdae pada bulan Oktober tahun lalu. 

Pada tulisan kali ini aku akan membahas sedikit tentang sejarah singkat mengenai pink muhly yang menjadi trend insta di Korea Selatan, rekomendasi tempat terbaik untuk melihat pink muhly serta waktu terbaik berkunjung ke Korea Selatan untuk melihat Pink Muhly. 

Asal Usul Pink Muhly di Korea Selatan

pink muhly

Siapa sangka, populer di Korea Selatan, Pink muhly atau muhlenbergia capillaris ini sebenarnya berasal dari Amerika Utara. 

Namun, keindahan bunganya yang lembut dan warna pinknya yang mencolok membuat tanaman ini sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk Korea Selatan.

Di Korea Selatan, pink muhly mulai dikenal luas dan menjadi tren wisata sekitar beberapa tahun terakhir ini. Seiring berkembangnya media sosial Instagram. 

Awal mula pink muhly ini di kenal di Korea Selatan di salah satu cafe yang menanam pink muhly untuk menarik pengunjung. 

Keindahannya yang sangat instagramable membuat banyak orang berbondong-bondong datang untuk berfoto dan menikmati pemandangannya. 

Sekarang hampir semua taman-taman dan area publik di Korea Selatan mulai menanam pink muhly untuk menarik wisatawan. Itulah sebabnya jika kamu datang di waktu yang tepat kamu akan bertemu pink muhly di berbagai sudut di Korea Selatan.

Kapan Waktu Terbaik Melihat Pink Muhly di Korea?

Jadi kapan sih waktu terbaik untuk melihat pink muhly di Korea Selatan?

Awal musim gugur pink muhly mulai bermekaran. Tetapi biasanya rumput tersebut mekar sempurna di dua minggu pertama bulan Oktober. 

Sebenarnya dari akhir september feed instagram aku saat di Korea tahun lalu sudah berubah menjadi lautan pink muhly. 

Ketika kami berkunjung ke Cheomseongdae di pertengahan oktober, lautan rumput pink tersebut sedang mekar sempurna. 

Seminggu kemudian salah satu teman kami berkunjung ke Pulau Jeju dan disana pink muhly masih bermekaran. 

So bisa di bilang Bulan Oktober merupakan bulan yang tepat untuk melihat pink muhly di Korea Selatan. Tinggal kita pilih tempat yang sekiranya masih bermekaran. 

Dimana Tempat Terbaik Melihat Pink Muhly?

Berikut yang aku bahas hanya sedikit tempat yang mewakili kota-kota besar yang tempatnya memang luas sekali. 

1. Cheomseongdae (Gyeongju)

Tujuan utama kami kesini memang untuk melakukan pemotretan sebagai kenang kenang sebelum akhirnya kami kembali ke Indonesia. Tujuan utamanya adalah istana kerajaan yang ada di area wisata sejarah Donggung Palace. 

Tapi begitu sampai di Gyeongju, fotografer kami meminta bertemu di Cheomseongdae untuk berfoto di lautan rumput pink. 

Terkejutnya kami saat melihat lautan rumput pink yang sudah di lengkapi dengan jalur pejalan kaki untuk mengambil gambar. 

Tak hanya pink muhly, beberapa tanaman bunga lain juga menjadi daya tarik  pengunjung karena sedang bermekaran semua. Ada bunga matahari, bunga daisy kuning, lautan bunga ungu yang aku tidak tahu namanya dan juga rumput putih yang tak kalah menarik dari pink muhly. 

Oh ya Gyeongju ini adalah tempat wisata pertama di Korea Selatan, sehingga untuk kesini kamu tidak akan sulit. Ada beberapa oneday travel yang bisa kamu ikuti dengan keberangkatan dari Busan. 

2. Anseong Farmland (Anseong)

Sesuai namanya, Anseong farmland ini adalah tempat wisata keluarga di Kota Anseong. Tempat yang paling ingin aku kunjungi saat itu, namun tidak jadi karena pertimbangan transportasinya yang susah. 

Sebenarnya kalau dari Seoul paling sekitar satu jam setengah. Tapi harus menggunakan kendaraan pribadi. Setelah aku pelajari terlalu rumit jika menggunakan transportasi umum. 

3. Daejeo Ecological Park (Busan)

Meskipun masih daerah Busan, Daejeo Ecological Park ini agak jauh dari pusat kota Busan. Sekitar satu jam menggunakan kereta bawah tanah dari stasiun Busan.

Tak hanya pink muhly, disini juga ditanami tanaman musiman lainnya. So tidak akan rugi jika saat kamu sedang berada di Busan untuk bermain ke sini. Setiap musimnya menampilkan bunga dan pemandangan yang luar biasa. 

4. Hueree Natural Park (Jeju)

Terletak di selatan Pulau Jeju tepatnya di Seogwipo, Hueree Natural Park merupakan tempat yang terkenal untuk melihat hamparan rumput pink.

Gimana nih sudah siap berlibur ke Korea Selatan di musim gugur untuk melihat Pink Muhly?

Oh ya, kira-kira di Indonesia ada juga kah tempat untuk melihat pink muhly? Jadi penasaran apa di Negara kita juga bisa tumbuh atau tidak.
Bagi kamu yang penasaran dengan musim gugur di belahan dunia lainya, khususnya di Eropa bisa mampir di blognya Mbak Amel ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.