Mie Kuah Kolagen Enak di Malang? Cobain Opa Noodle Bar

Mie Kuah Kolagen menjadi pembicaraan hangat di dunia kuliner Malang akhir-akhir ini. Seperti apa sih mie kuah kolagen itu? Kenapa bisa menjadi tren kuliner saat ini?

Gak di sosial media, gak di lingkungan sosial ku sehari-hari, perbincangan mengenai Mie Kolagen ini gak ada habisnya. 

Salah satu teman kami bercerita kalau dia rela antri dua sampai tiga jam untuk bisa merasakan semangkuk Mie Kolagen viral di Kota Malang. 

Mie Kuah KOlagen

Gimana gak bikin penasaran kan? 

Tapi kondisi ku yang kalau kulineran bawa dua balita juga tidak memungkinkan untuk bisa antri selama itu hanya untuk semangkuk mie. 

Tiba-tiba Pak Su kirimi aku sebuah reels tentang Mie Kuah Kolagen yang katanya sangat worth to buy dengan suasana kedai yang asri dan tidak perlu antri. 

Akhirnya keesokan harinya kami sekeluarga makan siang di Opa Noodle Bar untuk mencoba mie kuah kolagen untuk pertama kalinya.

OPa Noodle Bar
Suasana Homey Opa Noodle Bar di area Outdoor

Opa Noodle Bar

Apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali  mendengar nama Opa Noodle Bar?

Jujur, pertama kali denger itu, aku mengira mungkin kedai mie tersebut yang punya atau yang masaknya adalah orang Korea?  Atau bahkan jangan-jangan Mie Kuah Kolagen itu salah satu makanan khas Korea lagi?

Pasalnya, di Korea Selatan makanan dengan kuah kolagen memang banyak. Apalagi nama Brand nya ada kata “Oppa”. Hehe 

Begitu sampai ke lokasi, baru tau ternyata tulisannya adalah ‘Opa’ bukan ‘Oppa’. Opa yang berarti kakek. Lengkap dengan logo brandnya yang menampilkan wajah seorang kakek. 

Tak mau berlama-lama menertawakan diri ini yang salah mengira, kami pun langsung mencari tempat duduk yang sekiranya nyaman untuk anak anak makan. 

Hari itu kami datang sekitar pukul 10.30 WIB. Hanya ada dua keluarga yang sedang makan siang, jadi kami lebih leluasa untuk memilih tempat. 

Tempatnya hommy banget! Beneran rumah vintage yang di sulap jadi kedai mie ini mah. 

Ada dua tempat yang bisa kita pilih di dalam ruangan yang ber AC atau di luar ruangan. Kami memilih tempat duduk di dalam ruangan agar mudah mengawasi anak-anak yang super aktif itu. 

Menu dan Harga Mie di Opa Noodle Bar

Sistem pemesanan di Opa Noodle Bar ini adalah ‘Pesan Langsung Bayar’. Karena kami belum tahu menu yang disajikan nya ada apa saja, jadi kami memilih untuk  membawa terlebih dahulu buku menunya. 

Hal menarik yang membuat aku salah fokus adalah tidak ada minuman signature yang mereka jual. Semua minumannya adalah minuman kemasan. 

Tentu ini menjadi kelebihan kedai itu sendiri karena pelanggan bisa langsung minum begitu sampai tanpa harus menunggu dibuat terlebih dahulu. Penjual juga bisa fokus ke menu makanannya saja seperti namanya ‘noodle bar’.

Tak hanya mie kuah kolagen, berikut beberapa menu yang ada di Opa Noodle Bar. 

Menu Opa Noodle Bar

Aneka Mie

Best seller menu disini memang Mie Kuah Kolagen dengan aneka topping. Ada tiga toping yang bisa kamu pilih yakni Beef Brisket, Ayam dan Bebek. Harganya mulai dari Rp30.000 sebelum pajak. Saat itu kami memesan Mie kuah kolagen dengan toping Beef Brisket.

Mie kuah yang tak kalah  menarik untuk dicoba adalah  Mie Kuah Mala. Menu ini didedikasikan bagi kamu pecinta pedas. Rasa rempah pala dan cabainya sangat strong, tetapi tidak begitu pedas. 

Mie Kuah Mala

Kalau mau kuah pedas tapi  creamy kamu cocok pilih Mie Kuah Mala Susu. 

Kami memesan mie original tanpa kuah, Beef Brisket kuah kolagen serta Mie Ayam kuah Mala. 

Overall semuanya suka karena aku memang suka mie. Namun Mie Kuah Kolagen ini memang nagih rasanya. 

Saran ku kalau kamu pesan banyak varian kuah, mie kuah kolagennya di cicip terakhir. Kenapa? Karena rasanya kuat banget. Gurih, creamy, umami ngalahin rasa kuah yang lainnya. 

Rice Bowl

Kalau kamu mau makan nasi, mereka juga menyediakan rice bowl dengan lauk bebek dan daging. Tetapi karena kami kesini untuk makan mie jadi sayang tidak bisa mencicipi rasa dari menu rice bowl di Oppa Noodle Bar ini. 

Steam Dimsum

Varian dimsumnya cukup beragam ternyata. Mulai dari Siomay, Bakpau, Gyoja, Lumpia, Onde-onde sampai Xiao Lung Bao ada dini. Aku cobain siomay dan rasanya daging banget emang. 

Somay Opa Noodle Bar

Lokasi Opa Noodle Bar

Mahasiswa UM pasti seneng banget kalau mau makan mie kolagen tinggal jalan kaki bisa nih. Ya lokasi Opa Noodle Bar ini dekat dengan kampus UM, tepatnya di Jalan Blitar No.20. 

Akses menuju kesini kamu bisa lewat Jalan Jakarta lalu belok ke Jalan Blitar setelah melewati Jacatra Homestay.

Trend Mie Kuah Kolagen di dunia Kuliner

Kenapa sih mie kuah kolagen ini sangat populer akhir-akhir ini?

Kuah kolagen adalah kaldu yang kaya akan kolagen, sebuah protein alami yang terdapat pada tulang, kulit, dan jaringan ikat pada hewan. 

Sudah kebayang gak? 

Kolagen ini “dilepaskan” ke dalam kuah saat proses perebusan tulang dan bagian hewan lainnya dalam waktu yang cukup lama.

Bagian hewan yang sering digunakan untuk membuat kaldu kolagen adalah ceker ayam. Wah ternyata semua orang bisa yah bikin kaldu kolagen di rumah? 

Kuah kolagen ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah baik untuk merawat kulit agar terhindar dari penuaan. 

Yaps agar kulit kita tetap terlihat muda. Makanya banyak sekali suplemen kecantikan yang mengandung kolagen. 

Tren ini juga beriringan dengan masuknya dunia perKoreaan (Halyu) masuk ke Indonesia. Masyarakat Korea Selatan percaya bahwa salah satu faktor kenapa mereka terlihat awet muda adalah karena makanan mereka yang banyak mengandung kolagen. 

Salah satu makanan Korea yang terkenal dengan kandungan kolagennya yang tinggi adalah Samgyetang. Sup ayam utuh penambah stamina tubuh di musim panas. 

You may also like

1 Comment

  1. tadi baca dari judulnya ‘opa’, kesanku juga makanan korea gitu, ternyata bukan
    selama ini aku taunya dan konsumsinya powder collagen aja, kalau mie kolagen belum. Menarik buat dicoba, Jalan Blitar juga deket sama tempat tinggalku dulu
    aku penasaran sama kuahnya yang creamy, sekilas mirip ramen gitu ya mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.