Bedengan Camping Ground: Kemah Pertama Bawa Anak

Bedengan Camping Ground ini sebelumnya sudah sempat dibahas sama tetangga ku. Masih ingat mereka mengajak kami untuk bermain air sungai di daerah Dau, Bedengan nama tempatnya. 

Tak pernah terealisasi, tiba-tiba teman Ku mengajak kami camping bareng di daerah Batu. Kebetulan weekend ini ada libur panjang dan kami sama-sama belum punya rencana apapun.

Sepakat pergi di hari sabtu-minggu, akhirnya kami pun mulai merencanakan perjalanan kemah pertama kali ini. Mulai dari mencari lokasi berkemah, hingga perlengkapan apa saja yang harus dibawa. 

Kenapa Bedengan Camping Ground?

Meskipun rencana awal kita berkemah di daerah Batu, kami tetap reset terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu kalau ada banyak camping ground di Batu dengan fasilitas yang berbeda. Tentu dengan harga yang berbeda juga.

Pilihan awal kami jatuh pada Batu Campsite karena dekat dengan Eduplay Batu. Tetapi karena aku melihat tetangga main ke Bedengan memasang tenda, akhirnya kita survey juga di Bedengan. 

Ternyata, Bedengan  bisa digunakan untuk camping juga apalagi mereka menawarkan harga persewaan yang lebih murah. Lebih detailnya aku jabarkan beberapa poin di bawah ini.

1. Harga Terjangkau 

Kaget saat pertama kali melihat pricelistnya.. Cocok buat kita pemula yang memang gak punya perlengkapan camping, tapi mau nge camp. 

Tak hanya harga sewa tendanya yang terjangkau, tetapi alat alat lainya juga murah-murah. Gak perlu repot lagi kan!

Nah berikut rinciannya yang dikutip dari media sosial resminya Bumi Perkemahan Bedengan.  

Kemarin Kita hanya sewa tenda+matras totalnya 50.000 sudah dapat matras 2. Kita pasang sendiri tendanya, kalau misal mau ditambah jasa bongkar pasang jadinya 75.000 saja. 

Tiket masuknya juga terjangkau, kemarin kita satu motor berisikan dua dewasa samaa 2 balita bayarnya 45.000.

Berikut detail harga tiket masuk Bedengan:

2. Terdapat Aliran sungai 

Air sungai mengalir di kawasan bumi perkemahan Bedengan. Airnya jernih dan arusnya tidak terlalu deras. Sangat cocok untuk mengenalkan alam kepada anak-anak. Itulah kenapa Bedengan ini selalu penuh pengunjung khususnya di akhir pekan. 

Kemarin kita ngecamp hari sabtu sampai minggu, nah pada hari pertama airnya sangat jernih. Tetapi pada hari selanjutnya, air lumayan keruh karena banyak anak-anak yang bermain air di bagian atas. Maklum kita main air di area bawah atau di sebelah kanan jembatan penyeberangan sepeda motor. 

Meskipun arus airnya tidak terlalu deras, tetap jagain anak-anaknya yah!

Agar bisa mengawasi anak-anak yang main di sungai, kita sengaja buka tenda di pinggir sungai. Tepatnya di sebelah kanan dari jembatan penyeberangan Sepeda motor. 

Lahan untuk tendanya tidak luas, bahkan hanya ada kita berdua yang ngecamp sampai malam. Serasa camp site pribadi, berhubung di seberang sungai banyak tenda berhimpitan.. 

3. Fasilitas Memadai

Fasilitas tentu menjadi hal yang utama kalau menginap. Khususnya toilet umum. Kalau mushola kita bisa melaksanakannya dimana saja. Kami pun bisa sholat di samping tenda beralaskan tikar. 

Cuman memang belum ada akses air bersih di setiap spot campsite. Kalau ambil wudhu kita harus ke toilet yang jaraknya lumayan jauh dari tenda kami. Pun kalau mau memasak kita harus gunakan air mineral. 

Toilet umumnya ada di dua lokasi. Tapi aku bahas satu saja yang berada di dekat deretan warung. Karena itu merupakan toilet terdekat dari tenda kami. Toiletnya cukup bersih untuk ukuran dipakai bersama dengan masa yang banyak. 

Toiletnya buka 24 jam. Kita harus membuka sandal saat memasuki toilet sehingga terhindar dari noda tanah. Menggunakan toilet jongkok dengan warna merah bata, sehingga kalau kotor sedikit tidak terlihat jelas. Airnya jernih dan segar, sehingga kita bisa mandi dengan nyaman.

4. Ada  Cafe dan Warung 24 jam

Berkemah di Bedengan Camping Ground ini benar-benar sangat memudahkan pengunjung. Takhanya peralatan dan fasilitas, kebutuhan perut pun terjamin. Bagi kamu yang suka ngopi ngopi cantik sudah tersedia cafe yang buka sampai sekitar jam 9 malam. 

Banyak warung yang menyediakan kebutuhan dasar seperti air mineral dan mie instan. Tidak hanya itu, warung juga menyediakan aneka camilan ringan, gorengan dan makan berat dengan aneka menu. 

Minumanya pun beragam, ada es jeruk, es teh hingga es kelapa aja ada. Sangat lengkap dan harganya sangat terjangkau. 

Sering kali kita takut belanja di warung tempat wisata karena takut harganya di naikan kan ? Nah disini engga, malah lebih murah.

Kemarin kita beli air mineral seharga 8 ribu saja per botol yang ukuran 1.5 L. Kalau kamu bawa masa yang banyak, mereka juga menyediakan galon ukraine 5 L. aku juga sempat beli gorengan harganya masih 1000 rupiah loh! Padahal di sekitar rumahku saja sudah 5000/4 pcs. Bahkan di kolam renang dekat rumah kami saja sudah 2500 satunya. 

Tips Berkemah di Bedengan

  1. Booking Online

Jika kita ingin berkemah dengan menyewa perlengkapan dari sana, kita harus booking setidaknya sehari sebelumnya. Perlu diketahui juga bookingnya hanya untuk perlengkapan bukan booking lokasi tendanya yah.

Karena tempat camp nya luas, jadi mereka tidak melayani booking lokasi. Siapa cepat dia dapat. 

  1. Jangan datang terlalu pagi!

Meskipun buka 24 jam, paling enak datang sekitar jam 2 siang. Ini berlaku bagi temen-temen yang datang ke Bedengan hanya untuk piknik.

Kalau kamu datang terlalu pagi, khususnya di hari minggu, area camping masih penuh. Seluruh pengunjung yang kemah malam sebelumnya belum berkemas untuk pulang dan yang piknik sudah berdatangan. 

Jadi kalau kita datang sekitar jam 2 atau jam 3, para pengunjung yang datang piknik pagi, serta kemah hari sebelumnya sudah pulang. 

  1. Bawa ekstra pakaian untuk anak

Kasusku, kita memang berkemah di pinggir sungai, jadi anak-anak ingin turun naik ke sungai. Jadi bawa baju ekstra lebih baik.  

  1. Siapkan baju hangat

Cuacanya cukup panas di siang hari, namun di malam hari suhunya mencapai 18’C dan anginnya cukup mengusik kami. Sebaiknya bawa sleeping bag atau selimut dari rumah. Juga jacket bagi kamu yang gak kuat dingin. 

Lokasi Bedengan Camping Ground

Bedengan Camping Ground ini terletak di daerah Solorejo, Kec. Dau, Kabupaten Malang. Mudah di akses dari Merjosari atau Jalan Joyo Agung.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.